Ampuh, Begini Cara Mengeluarkan Air Dari Speaker Hp Xiaomi Secara Efektif!

Daftar Isi

Hp Xiaomi kemasukan air? Tidak perlu khawatir, sebab ada cara mengeluarkan air dari speaker Hp Xiaomi secara tepat dan efektif pastinya. Tujuannya adalah mengurangi kerusakan yang lebih parah lagi. Berikut beberapa cara serta dampak jika Hp masuk ke dalam air.

Dampak Jika Speaker Hp Kemasukan Air

Sebelum masuk ke tahap cara mengatasi masalah tersebut, hal utama yang perlu diketahui adalah dampaknya. Dampak jika telah terjadi speaker hp sudah kemasukan air. Berikut ini adalah beberapa dampak bisa diketahui dan bisa segera ambil tindakannya:

  • Dampak pertama yang terjadi adalah suara yang muncul pada speaker terdengar kecil. Itu terjadi bukan karena volumenya yang kecil, melainkan disebabkan ada kerusakan yang terjadi didalamnya.

  • Ketika mendengarkan musik atau menelpon menggunakan speaker, terdengar suara kresek-kresek pecah atau tidak jelas. Padahal suasana tenang, hal itu disebabkan speaker pada Hp seperti korslet. Basah terkena air.

  • Jika volume dibesarkan atau ditambah, memang menjadi besar suara yang dihasilkan. Tetapi tidak halus lagi, malah menjadi lebih pecah. Dan terdengar berisik.

  • Hal terparah yang terjadi jika speaker pada Hp Xiaomi rusak adalah tidak muncul suara sama sekali. Padahal volume sudah ditambahkan.

Cara Mengatasi Masalah

Setelah mengetahui dampaknya, kini masuk ke tahap cara mengeluarkan air dari speaker Hp Xiaomi tersebut. Ada beberapa cara cepat dan tepat jika hal tersebut terjadi dan tidak sempat dibawa ke service Hp, berikut adalah caranya:

1. Menggunakan Kipas Angin

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan bantuan dari kipas angin. Karena membutuhkan angin untuk mengeringkan Hp Xiaomi lebih cepat karena kemasukan air tersebut. Dan mengurangi kerusakan lebih parah. Berikut adalah langkahnya:

  • Buka semua bagian yang pada Hp tersebut. Lap menggunakan handuk kering serta cotton bud.

  • Jika sudah, hadapkan Hp dan baterainya ke arah kipas angin. Dan tunggu sekitar 2 jam. Sampai dirasa Hp tersebut telah kering hingga ke dalamnya.

2. Menggunakan Bantuan Hairdryer

Cara mengeluarkan air dari speaker Hp Xiaomi adalah menggunakan bantuan Hairdryer. Cara ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan bantuan kipas angin. Bedanya angin pada Hairdryer berfokus pada satu arah. Jika kipas, ukuran lebih luas dan lebar.

Udara yang dihasilkan dari kipas angin dan Hairdryer juga berbeda. Udara pada kipas angin lebih dingin. Sedangkan pada Hair Dryer sebaliknya, lebih panas. Bahkan menggunakan Hairdryer, anginnya mampu menjangkau bagian dalam.

3. Menggunakan Bantuan Beras

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan dari media beras. Apakah benar beras bisa membantunya? Jawabannya adalah bisa. Sebab beras memiliki sifat menyerap air dengan sangat baik. Berikut adalah langkah penanganannya:

  • Langkah pertama adalah dengan membuka semua bagian pada Hp Xiaomi tersebut. Agar air yang ada didalamnya bisa keluar dan tidak terjadi kelembaban didalamnya.

  • Selanjutnya adalah dengan membersihkan Hp Xiaomi. Lap dengan menggunakan kain kering atau menggunakan cotton bud untuk yang sulit dijangkau. Hal ini mempercepat pengeringan pada Hp nya.

  • Tutup Hp tersebut dengan beras. Agar proses pengeringan lebih cepat.

4. Lakukan Segera ke Service Hp Xiaomi

Jika ketiga cara mengeluarkan air dari Speaker Hp Xiaomi tetapi tidak membuahkan hasil. Masih terdengar pecah suaranya, suara terdengar kecil padahal volume sudah maksimal, bahkan tidak terdengar sama sekali. Maka hal yang perlu dilakukan adalah membawa Hp Xiaomi ke service.

Bawa Hp Xiaomi ke pusat bagian perusahaan Xiaomi agar tindakan yang dilakukan tidak salah. Sebab mereka sudah menyediakan professional yang paham dengan seluk-beluk dari Xiaomi tersebut.

Nah, baiklah itu tadi beberapa cara mengeluarkan air dari speaker hp Xiaomi yang perlu untuk diketahui. Dan juga dampak yang terjadi jika speaker hp terkena air. Jika sudah parah, segera bawa ke service hp tersebut.


Posting Komentar